Sejarah

Cikal bakal SMK Al Asror tidak bisa dilepaskan dari riwayat perjuangan KH. Zubaidi dalam bidang pendidikan dan pengajaran agama Islam dengan sistem bandongan, sorogan atau wetonan di lingkukangn Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati dengan mendirikan Pondok Pesantren Putera - Puteri Al Asror pada tahun 1986. Berkat tangan dingin KH. Zubaedi pulalah pada tahun 1987 resmi berdidi MTs Al Asror sebagai lembaga pendidikan formal dan MA Al Asror pada tahun 1993. Al asror generasi kedua dibawah komando KH. Almamnuhin Kholid secara resmi dikelola oleh Yayasan Assalafy Al Asror dengan Akte Notaris Nomor 12 Tanggal 9 Februari 2007.

Dimasa generasi kedua inilah posisi pesantren dikembalikan ke posisi strategisnya, yaitu 1). Sebagai center of excellent yang berfungsi mencetak ulama, dan 2). Sebagai agent of development yang berperan dalam pengembangan masyarakat. Arah pendidikan di Pondok Pesantren Assalafy Putera-puteri Al Asror saat ini adalah dalam pembinaan IMTAQ, IPTEK dan Skill fungsional dengan selalu berpegang pada prinsip "Al-muhaafadzatu alal qadiimi as-Shaalihin Wal - Akhidzu bin-Jadidil Ashlah".

Salah satunya mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Asror. Keberadaan SMK Al Asror yang berbasis Pesantren ini sebagai upaya mencetak anak didik yang paham keilmuan umum sekaligus keilmuan keagamaan atau anak didik yang berpengetahuan umum serta mempunyai kepribadian religius, sederhana, dan mandiri (berwatak salaf berfikir universal)